Rabu, 09 April 2008

MLM??? Multi Level Marketing

Multi Level Marketing... baru2 ini devy ada pengalaman lucu sekaligus gemesin juga sihhh...

Ada seseorang yg devy kenal lewat fs ini... kita sering ngobrol tentang hidup, perjuangan, rencana masa depan, masalah2 jg...bahkan tentang pekerjaan... Dia bilang sih dia salut dengan perjuangan devy selama ini dan ingin bantu devy... bisa dibilang dia termasuk orang yg sukses... waktu itu devy belum tau real kerja dia... dia cm bilang dia punya usaha retail dan bermaksud akan buka cabang di jogja...

suatu ketika kami bertemu di jogja... banyak cerita, banyak sharing tentang banyak hal. Hingga suatu ketika dia nawarin usaha MLM ini... MLM sebuah suplemen... devy jg agak sedikit kaget sih... karena semula dia nawarin kerjaan usaha retail, kok malah nyangkutnya ke MLM...

devy jelasin ke dia, dv udah pernah nyoba usaha MLM ini waktu S1...bahkan mpe didaftarain ama org yg ngajakin dv dulu... tp hasilnya jg nol besar. Dv bilang ke dia, dv ga da bakat di MLM dan dv tu ga suka ber MLM... karena bukan tipe org yg bisa mempengaruhi org lain. Tp dia tetep aja brusaha ngeyakinin dv, bahwa bersama dia devy akan berhasil... waduhhhh susah jg yah ngadepin org yg udah sukses di MLM...

Ini riset devy tentang org yg berhasil dan sukses dengan MLM:
1.Over confident
2.Cenderung meremehkan pekerjaan konvensional
3.Kata2 motivasi, merubah masa depan selalu muncul
(ini devy kutip dr sampel analisis)

Devy sih tidak menyalahkan dan meremehkan org2 yg ber-MLM ria... tp cm yg devy sayangkan itu... kenal baik2 tapi ketika kita tidak ikut andil dalam MLM nya dia eh tau2 dia menghilang seperti org yg ga pernah kenal.


Kesuksesan orang tergantung dari orang tersebut mengukur sampai mana tingkat kesuksesan dia, ada yg mengukur dikatakn sukses jika dia mampu beli mercy, rmh mewah, tp ada juga yg mengukur kesuksesan dg sangat simpel, jika dia mampu mencukupi kebutuhan keluarganya dia sudah merasa sukses.

Jadi apapun pekerjaan itu, seseorang bisa mencapai kesuksesan sesuai dengan ukuran masing2.

Untuk orang2 yang sudah sukses dengan jalan MLM, jangan lah suka mengejudge seseorang hanya ketika orang yg dia tawari tidak ingin mengikuti jejak dia. Tiap orang memiliki tingkat kesuksesannya masing2.

Tulisan ini devy post bukan bermaksud untuk menjelekkan MLM, tp hanya sekedar sharing dan mengutarakan sedikit uneg2 tentang pemikiran MLM.

Dv tidak suka dibilang tidak mau berusaha merubah masa depan hanya dengan kerja konvensional, "Tuhan enggan merubah nasib seseorang jika orang tersebut tidak mau usaha" devy agak sedikit tersinggung dengan kalimat tersebut. Usaha devy untuk mati2an nylesein kuliah S2 tanpa ada bimbingan org tua dan saudara, tanpa biaya dr org tua adalah wujud dr keseriusan dv untuk merubah keadaan dv yg sekarang. Ini jalan yg devy sukai, mungkin saat ini usaha dv belom ada hasil dan buktinya.

DV TIDAK mengambil jalan MLM TIDAK BERARTI dv TIDAK MAU merubah keadaan. Dv hanya mengambil jalan yg devy sukai dan dv senangi, sesuai minat, niat dan bakat.

DV hanya bisa mendoakan org2 yg meremehkan devy bisa dibukakan pintu hatinya, dan dibukakan matanya bahwa semua pekerjaan bisa menuju kesuksesan tergantung dari kompetensi dan eksistensi org tersebut terhadap pekerjaannya.

Tidak ada komentar: